Resepsi Halal bi Halal Keluarga Besar SMK Negeri 1 Plupuh Sragen

28 Aug

Plupuh, 27 Agustus 2012 bertepatan dengan tanggal 09 Syawal 1433 H, SMK Negeri 1 Plupuh menyelenggarakan kegiatan Resepsi Halal bi Halal 1433 H. Kegiatan dilaksanakan sangat sederhana dengan acara yang ringkas dan disajikan hidangan yang sederhana pula. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Komite SMK N 1 Plupuh (H.Pardi), Kepala Sekolah (Drs.Firdaus S.U, M.Pd) dan hadir pula Guru, Karyawan beberapa dengan keluarga, juga perwakilan dari Pengurus OSIS SMK N 1 Plupuh Sragen.

Drs.Firdaus S.U, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa : “Asal mula Halal bi Halal menurut sebuah sumber yang dekat dengan Keraton Surakarta, bahwa Halal bi Halal mula-mula dirintis oleh KGPAA Mangkunegaran 1 atau terkenal dengan sebutan Pangeran Sambernyawa. Dalam budaya Jawa seseorang melakukan “Sungkem” kepada orang yang lebih tua adalah suatu perbuatan terpuji. Sungkem bukan symbol kerendahan hati tetapi justru menunjukkan perilaku utama. Tujuan sungkem pertama adalah sebagai lambang penghormatan, kedua adalah sebagai permohonan maaf atau nyuwun ngapura. Istilah “Ngapura” berasal dari bahasa Arab “Ghofuro”.

Dalam sumber lain juga disampaikan oleh Ketua Panitia Halal bi Halal SMK N 1 Plupuh Bp.Mujiran, S.Ag bahwa : “Asal mula Halal bi Halal ini menurut beberapa sumber diprakarsai oleh Ir.Soekarno-Hatta dan HOS.Cokroaminoto, juga disampaikan bahwa dalam ajaran Islam saling memaafkan itu tidak ditetapkan waktunya hanya pada saat umat Islam menyelesaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, melainkan kapan saja setelah orang merasa berbuat salah terhadap orang lain, maka dia wajib segera minta maaf kepada orang tersebut. Bahkan Alloh SWT lebih menyayangi seseorang yang memberi maaf terlebih dahulu kepada orang lain (Q.S Ali Imron : 134).”

Inti Hikmah Halal Bi Halal disampaikan oleh Mubaligh Al-Ustadz Ilyas Riyadi, S.Pd dari Gemolong Sragen yang tidak lain adalah Guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Plupuh Sragen : “Disampaikan oleh Rosululloh Muhammad SAW bahwa pernah pada suatu saat ada seseorang laki-laki yang akan menjadi Ahli Surga karena amalan baiknya, yaitu orang yang setiap akan tidur dimalam hari dia selalu memaafkan kesalahan orang lain. Ustadz Ilyas Riyadi,S.Pd juga menyampaikan menerjemahkan QS.Al-Hujurot : 11 bahwa “Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-ngolokan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik daripada mereka yang (mengolok-ngolokkan)…” (By : Mudo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: