SMK NEGERI 1 PLUPUH LOLOS SERTIFIKASI SMM ISO 9001:2008

18 Feb


Kamis, 16 Februari 2012 menjadi saat yang penting bagi keluarga besar SMK Negeri 1 Plupuh, dimana pada saat itu dilaksanakan Audit Eksternal / 2nd Stage Certification Audit yang dihadiri langsung Auditor dari PT. TUV Rheinland, Genau, Richtig, Germany dari Pusat Jakarta dan Perwakilan Yogyakarta.

Audit Leader Mr.Heru Subroto / HES dan Auditors Mr.Arief Rachman / AR membuka secara langsung kegiatan tersebut dengan dihadiri Drs.Purnadi (Tim Pendamping ISO 9001:2008), Kepala Sekolah, QMR dan seluruh Unit Kerja di SMK N 1 Plupuh Sragen. Auditor menyampaikan bahwa : “Audit hari ini adalah audit penentuan untuk memperoleh sertifikat ISO atau tidak. Audit akan dilaksanakan untuk semua Unit Kerja di SMK N 1 Plupuh dari pukul 09.00 s.d 17.00 WIB. Kami sampaikan misalnya dalam audit nanti terdapat temuan-temuan, semoga saja temuan hanya bersifat minor atau observasi, karena sebelumnya sudah dilaksanakan Pre-Audit Enternal. Bedanya untuk Pre-Audit Eksternal dilakukan oleh 1 Auditor, tetapi untuk Audit Eksternal dilakukan oleh 2 Auditors”.

Disampaikan oleh Mudo, S.Kom selaku Sekretaris QMR : ”Bahwa di SMK N 1 Plupuh terdapat 14 Unit Kerja ISO diantaranya : KS (Kepala Sekolah), QMR (Quality Management Representative), WKS 1 (Kurikulum), NORAD (Mapel Normatif Adaptif), WKS 2 (Kesiswaan & Lingkungan), WKS 3 (Sarana, Prasarana & Ketenagaan), WKS 4 (Hubungan Masyarakat dan Industri), TU (Tata Usaha), TO (Teknik Otomotif), TB (Tata Busana), UP (Unit Produksi), Perpus (Perpustakaan), BKK (Bursa Kerja Khusus) dan BP/BK (Bimbingan Konselor). Unit-unit kerja itu nanti akan di Audit dari segi pertanggungjawaban manajemen administrasi kegiatan meliputi Rencana, Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan mulainya penerapan ISO 9001:2008 di sekolah.

Kegiatan diawali dengan agenda Opening Meeting, Audit, Evaluation, Result dan diakhiri dengan kegiatan Clossing Meeting. Auditing dibagi menjadi tiga ruang Ruang KS, Ruang Lab.Komputer dan RuangTata Usaha. Untuk Ruang KS hanya digunakan untuk Audit Kepala Sekolah saja. Disampaikan Kepala Sekolah Drs.Firdaus S.U, M.Pd kepada Tim Audit bahwa salah satu yang membanggakan di SMK N 1 Plupuh ini adalah 3 kali berturut-turut Juara 1 dalam Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten Sragen dan juga semangat Guru, Karyawan, Siswa dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

Setelah Audit selesai, Tim Auditor langsung merekap dan mengevaluasi hasil temuan-temuan Audit. Diakhir acara satu hari ini nanti akan langsung diumumkan apakah SMK N 1 Plupuh dapat menyandang sebagai SMK yang ber-ISO 9001:2008. Pada penutup acara disampaikan dalam Clossing Meeting oleh Auditor, bahwa SMK Negeri 1 Plupuh dinyatakan berhasil meraih Sertifikat ISO 9001:2008 dengan beberapa catatan seperti hal-hal yang masih belum terdokumentasi pada tiap unit kerja agar di dokumentasikan dengan tertib sesuai aturan dalam Dokumen Sistem Mutu yang telah dibuat oleh Tim ISO SMK N 1 Plupuh Sragen.

 

.:: SELAMAT SMK N 1 PLUPUH ::.

Leave a comment